Menelaah Efek Samping Vaksin Covid

Efek samping yang telah disebutkan merupakan efek samping yang lumrah ketika seseorang menerima dosis vaksin. Penny bahkan menyebut, efek sampingnya akan langsung hilang beberapa saat setelah vaksinasi dilakukan. Pada fase uji klinis, unsur aktif BNT162b2 dari perusahaan BioNTech dari Jerman dan Pfizer dari AS tidak menunjukkan efek samping serius. Namun, mengingat populasi lansia merupakan populasi berisiko tinggi, maka pemberian vaksin harus dilakukan secara hati-hati.

Uji klinis fase III vaksin Covid-19 Sinovac menunjukkan beberapa efek samping ringan yang dialami relawan. Diketahui uji klinis tersebut melibatkan 1.620 relawan dengan usia tahun. Kemudian para relawan jiga merasa pegal pada bagian otot pada space suntikan.

Wiku meminta masyarakat tidak takut dan ragu menerima vaksin COVID-19, pasalnya pemerintah akan memastikan bahwa vaksin yang akan digunakan dalam program vaksinasi nanti merupakan vaksin yang aman, efektif dan halal. Apapun jenis vaksin yang diberikan, reaksi tertentu tubuh setelah imunisasi adalah hal regular. Demam ringan, sakit kepala dan nyeri anggota tubuh, bengkak di lokasi suntikan atau gatal-gatal, dalam waktu tiga hari setelah divaksinasi bukanlah hal aneh. TRIBUNNEWS.COM – Ketua Tim Riset Uji Klinis Vaksin Covid-19 Universitas Padjadjaran , Prof Dr Kusnandi Rusmil menyebut hasil uji klinis vaksin Sinovac tidak memiliki efek samping yang berbahaya. Vaksin Sinovac diberikan dalam dua dosis dengan zero,5 milimeter per dosisnya.

Efek samping dari vaksin Sinoviac

Panca menambahkan, SW bekerja sama dengan tersangka, yakni seorang dokter di Dinas Kesehatan Sumut berinial KS serta Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinkes Sumut berinisial SH. Mereka mengalihkan vaksin yang seharusnya untuk pekerja publik, antara lain untuk pegawai rumah tahanan di Medan. ”Kami pun mendalami kasus ini dan mendapatkan fakta bahwa mereka sudah 15 kali melakukan vaksinasi serupa di Medan dan Jakarta dengan total peserta 1.085 orang sejak April,” kata Panca. Petugas menurunkan vaksin corona Sinovac saat tiba di gudang Dinas Kesehatan Sumatera Utara, Kota Medan, Sumatera Utara, Selasa (5/1).

Misalnya, meliputi masalah demam, nyeri, mual, dan kelelahan usai divaksinasi. Alicia Garceau memiliki seorang putri yang menderita penyakit autoimun, sehingga ia ketakutan luar biasa jika anaknya divaksin. Akhir April lalu, Sumut juga dikejutkan oleh kasus penggunaan kembali alat tes usap antigen di Laboratorium Bandara Kualanamu, Deli Serdang. Mereka diperkirakan mendapat Rp 1,eight miliar dengan korban penggunaan tes usap antigen bekas pakai lebih dari 9.000 orang. Gubernur Sumut Edy Rahmayadi sangat menyesalkan tindakan aparatur sipil negara di jajarannya yang justru turut serta menjual vaksin Covid-19 di tengah pandemi hanya untuk kepentingan pribadi. Itu vaksin diberikan agar orang tidak terkena Covid-19 malah diperlakukan seperti itu,” katanya.

Ia pun langsung beraktivitas seperti biasa usai disuntik vaksin Covid-19 tersebut. PIKIRAN RAKYAT -Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menceritakan pengalamannya saat dirinya disuntik vaksin Covid-19 berjenis Sinovac. Demikianlah tanya jawab vaksin COVID-19 yang dirangkum dari sumber PAPDI. Anda bisa menanyakan langsung dengan dokter di layanan fasilitas kesehatan terdekat. Untuk vaksin selanjutnya seperti tokoh masyarakat akan dilaksanakan pada akhir Februari,” tambahnya.

Hal yang sulit dihindarkan karena masih banyak masyarakat Indonesia yang belum dapat menerima vaksinasi. Survei oleh Indikator Politik di awal Februari 2021, secara nasional dengan 1.200 responden, menunjukkan bahwa segmen yang menyatakan sangat bersedia dan bersedia divaksin adalah fifty five persen. Sebelumnya, Otoritas Austria menangguhkan inokulasi vaksin COVID-19 AstraZeneca usai penemuan kasus kematian satu orang penduduk di negara itu setelah suntikan diberikan. Seorang wanita berusia 49 tahun meninggal akibat gangguan koagulasi yang parah, sementara seorang wanita lainnya berusia 35 tahun mengalami emboli paru dan sedang dalam masa pemulihan.

Juga ada pertimbangan lain, semua risiko dan efek samping yag sejauh ini tercatat, adalah information rekaman momen per momen dari beberapa bulan belakangan. Ini harus dicatat, agar kita tidak terlalu euforia menanggapi proses cepat pengembangan vaksin. Seperti pengalaman pada vaksin lain sebelumnya, studi jangka panjang lah yang akan memberikan kejelasan.

Daftar penerima vaksin akan dicatat dalam sistem yang terpusat dan terintegrasi untuk memastikan setiap orang tidak akan mendapat dobel vaksinasi. Dalam konferensi pers penyataan penggunaan izin darurat vaksin corona Sinovac tersebut, Ketua IDI Daeng M. Faqih mengungkapkan bahwa vaksin ini aman dan efektif. JAKARTA – BPOM mengumumkan izin darurat vaksin corona dari China, Sinovac. Penny menyebut, efek samping berat yang banyak ditakutkan akan dialami setelah menerima vaksin ini berada dalam tingkatan yang rendah. Dari proses pengujian yang dilakukan BPOM, efek samping berat hanya terjadi sekitar 0,1 hingga 1 persen usai disuntikkan ke dalam tubuh seseorang.

Wuiya