Astrazeneca Klaim Vaksinnya Aman, Irlandia Pilih Hentikan Sementara Vaksinasi

Pada akhir November lalu Moderna mengaku telah mengajukan izin penggunaan darurat untuk vaksin Covid-19 kepada regulator Amerika Serikat dan Eropa. Moderna meyakini vaksin buatannya telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan BPOM AS untuk penggunaan darurat. “Ketentuan hukumnya, yang pertama vaksin produk AstraZeneca hukumnya haram, karena tahapan produksinya memanfaatkan tripsin yang berasal dari babi,” kata Asrorun. Vaksin AstraZeneca menyasar pada kelompok prioritas vaksinasi tahap kedua, yakni para petugas pelayanan publik dan masyarakat lanjut usia .

Vaksin Astrazeneca berasal darimana

Bahan baku vaksin selanjutnya berasal dari bagian virus yang sangat spesifik, yakni protein. Perlu Anda ketahui bahwa virus Sars-Cov-2 dipenuhi dengan protein yang digunakan untuk memasuki sel tubuh manusia. “Bapak Presiden langsung mendengarkan apa pendapat dan respons dari para Romo, kyai, para pengasuh-pengasuh pondok pesantren, bahwa vaksin astrazeneca ini hukumnya halalan dan toyyiban,” kata Hasan. Ahmad menjelaskan bahwa tidak semua vaksin memerlukan tripsin pada proses pembuatannya. Misalnya vaksin yang diproduksi oleh Novavax yang menggunakan sel yang bersifat mengapung atau tidak melekat di cawan. Ahmad juga menjelaskan, saat sel ini sudah terpisah maka tidak ada lagi enzim tripsin yang melekat.

Penyebabnya adalah vaksin AstraZeneca yang sudah berizin dibuat dari vektor virus, yang memicu antibodi melawan Protein Spike dari varian virus corona awal. Menghadapi virus yang melakuan mutasi, antibodi tidak mengenali sepenuhnya dan memerangi varian bersangkutan. Vaksin atau bahannya dibuat dengan fasilitas produksi di Belanda dan Belgia. Kemudian, pengisian vaksin ke vial dan pengemasan melibatkan IDT Biologika serta Catalent . Aktivitas serupa melibatkan pula Insud Pharma, perusahaan farmasi di Spanyol. Pada 15 Februari 2021, WHO memasukkan dua varian vaksin AstraZeneca, yakni yang diproduksi AstraZeneca-SK Bioscience dan Serum Institute of India, dalam daftar penggunaan darurat .

Sementara itu, ada keraguan atas uji coba tahap akhir vaksin virus corona potensial buatan Sinovac Biotechd i Bangladesh setelah Dhaka menolak memenuhi permintaan perusahaan China tersebut soal pendanaan bersama. Selain 10 juta dosis pada tahun 2021, G42 komitmen untuk memberikansupplysebanyak 50 juta dosis, sehingga dari G42, akan mendapatkan complete 60 juta dosis. Pada 8 Maret, Indonesia menerima 1,1 juta dosis vaksin COVID-19 jadi buatan AstraZeneca, yang didapatkan melalui skema multilateral COVAX. Vaksin tersebut telah memperoleh persetujuan izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan RI.

Di awal kampanye vaksinasi dunia, vaksin AstraZeneca banyak dipakai di sejumlah negara karena sejumlah keunggulan yang dimilikinya. Antara lain, harga yang lebih murah dan vaksin dapat disimpan di suhu udara yang tidak terlalu dingin. Pendanaan yang telah disetujui Dewan Direktur Eksekutif Bank Dunia itu untuk mendukung pemerintah mengurangi risiko penyebaran, meningkatkan kemampuan mendeteksi, serta meningkatkan tanggapan terhadap pandemi Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Bangladesh menandatangani kesepakatan dengan Serum Institute of India pada Kamis untuk membeli 30 juta dosis kandidat vaksin Covid-19 yang sedang dikembangkan oleh AstraZeneca. Vaksin eksperimental produsen obat asal Inggris itu dipandang sebagai salah satu kandidat paling maju dalam perlombaan melawan SARS-CoV-2, virus corona tipe baru yang menjadi penyebab Covid-19. AstraZeneca kini sedang berusaha memperluas kapasitas produksi vaksin tersebut dengan membangun sejumlah pasokan rantai paralel di seluruh dunia. AstraZeneca baru-baru ini membuat perjanjian dengan Koalisi untuk Kesiapsiagaan Epidemi Inovasi dan aliansi vaksin Gavi untuk produksi 700 juta dosis vaksin.

Pekan lalu, Denmark menangguhkan penggunaan AstraZeneca selama three minggu ke depan sedangkan Swedia memutuskan untuk menggunakan vaksin tersebut bagi warga berusia di atas 65 tahun. Jadi, mungkin nantinya vaksin AstraZeneca akan diberikan berdasarkan hasil penelitian yang efektivitasnya lebih tinggi; yaitu setengah dosis, lalu dilanjutkan dengan dosis penuh,” ucap dr. Iqbal. Jadi, dia menyuntikkan virus yang tidak aktif atau kurang aktif untuk merangsang respons kekebalan ,” jelas dr. Iqbal. Klaim AstraZeneca tersebut menyusul dua perusahaan farmasi lain, yakni Pfizer dan Moderna, dalam mengumumkan efektivitas vaksin buatannya. Bangladesh telah menginokulasi hampir 4,6 juta orang sejak gerakan vaksinasi dimulai pada Februari dengan menggunakan suntikan AstraZeneca, yang dikembangkan bersama dengan Universitas Oxford di Inggris. Adapun alasan keempat adalah adanya jaminan keamanan penggunaan dari pemerintah.

Yang dapat digunakan untuk pembelian dan penarikan dana pada hari yang sama (same-day). Penggunaan Talangan Sementara dan Reksadana Pasar Uang yang akan dijualkan secara otomatis sebagai pembayaran atas pembelian instrumen keuangan dan berpotensi menimbulkan pembiayaan talangan. Validasi dari negara Teluk itu membuka jalan untuk persetujuan penuh penggunaan publik vaksin buatan Sinophram dan pembukaan kembali ekonomi UEA, imbuh laporan itu seperti dikutip Bloomberg, Rabu (9/12).

JAKARTA – Menteri BUMN sekaligus Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Erick Thohir mengatakan, semua jenis vaksin yang akan masuk Indonesia sudah melalui proses uji klinis dengan baik. Untuk itu, Erick berharap masyarakat tidak terpengaruh dari negara mana vaksin berasal. Pihaknya pun saat ini masih menunggu fatwa halal untuk AstraZeneca dari Majelis Ulama Indonesia . Jika nantinya, AstraZeneca sudah terbukti aman dan halal, pemerintah ujarnya akan memperhatikan penggunaan vaksin tersebut. Pasalnya, rentang waktu penyuntikan dosis pertama dan kedua memiliki rentang waktu yang lebih panjang dari vaksin lainnya yakni 9-12 minggu. Bagi yang sudah mantap silakan segera ikut program vaksinasi yang sudah dicanangkan oleh pemerintah melalui berbagai media dan lembaga.

Wuiya