Apa Saja Syarat Lansia Yang Bisa Mendapatkan Vaksin Covid

Model baru pelaksanaan vaksinasi yang sudah berjalan berupa sentra vaksinasi. “Itu bukan sesuatu yang bisa kita terima, sehingga kita lakukan komunikasi dengan AstraZeneca. Jadi ada a hundred juta dosis vaksin yang sampai sekarang, menjadi tidak pasti jadwalnya,” kata Budi. Menurut Konsultan Alergi Imunologi di RSCM/FKUI itu, lansia memerlukan waktu lebih lama untuk membentuk antibodi dan rentang waktu untuk pemberian vaksin kedua 0-14 hari setelah vaksinasi COVID-19 pertama dinilai belum cukup.

Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat. Bisnis.com, JAKARTA – Dua bulan berjalan, termasuk dalam daftar yang diprioritaskan dan harus didahulukan, vaksinasi lansia tetap berjalan lambat. Program vaksinasi sendiri bukan segalanya untuk menghentikan pandemi COVID-19, melainkan salah satu upaya mencapai kekebalan kelompok dengan goal penduduk yang divaksinasi sebanyak 70 persen. Pelaksanaan tahap kedua vaksinasi COVID-19 untuk masyarakat lansia tengah dilakukan di beberapa wilayah Jakarta Utara. Sistem imunitas yang rendah dan faktor komorbid yang dimiliki orang lanjut usia, membuat mereka menjadi prioritas golongan yang wajib divaksin.

Vaksin bagi lansia

Menurutnya pemerintah telah memastikan vaksin yang akan digunakan aman, serta memiliki efektifitas dan halal. Untuk saat ini, pendaftaran bisa dilakukan bagi mereka yang memiliki KTP domisili di ibu kota provinsi. “Jadi BPOM tepat sekali mengeluarkan izin penggunaan darurat untuk lansia ya.

Kasus reaksi parah terhadap vaksinasi influenza sangat jarang terjadi, begitu juga dengan jenis vaksin hepatitis B, vaksin pneumococcal, dan vaksin herpes zoster. Ketua Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia, Prof. Dr. dr. Siti Setiati, SpPD, K-Ger, menyatakan bahwa status gizi lansia terbukti memegang peran penting dalam menunjang efektivitas vaksin influenza. Pada dasarnya, tidak ada syarat spesifik bagi lansia untuk memperoleh vaksin influenza. Orang tua yang hendak memperoleh vaksin hanya harus menjaga kesehatannya dan selalu menjalankan gaya hidup sehat. Sebelum menjalani vaksin, lansia serta keluarga perlu mengetahui dua hal penting berikut ini.

Jika memiliki kondisi-kondisi di atas, maka vaksin baru bisa dilakukan hingga kondisi pasien terkontrol baik. Sebelumnya, Kementerian Kesehatan juga memperbarui kondisi orang yang tidak bisa mendapatkan vaksinasi Covid-19. Mengenai batasan maksimal usia lansia yang bisa divaksin, Nadia menyatakan, tidak ada batas maksimal. Selanjutnya pilihan kedua adalah mekanisme melalui vaksinasi massal yang dapat diselenggarakan oleh organisasi atau institusi yang bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan atau Dinas Kesehatan. Adapun contoh organisasi dan institusi yang dapat menyelenggarakan vaksinasi misalnya seperti organisasi untuk para pensiunan ASN, Pepabri atau Veteran Republik Indonesia. “Tapi saya nanti akan di samping saya ada Pak Menteri Kesehatan akan kita berikan prioritas untuk Batam utamanya untuk industri,” ujarnya.

Pemerintah juga telah melakukan beragam upaya untuk memacu vaksinasi kepada lansia. Pasalnya, Vaksinolog Dirga Sakti Rambe mengatakan, bahwa lansia harus divaksin, karena 12 persen kasus Covid-19 terjadi pada lansia. Lebih lanjut, lansia dengan penyakit komorbid terkendali bisa mendapatkan vaksin. “Suntikan pertama baru membentuk antibodi tetapi belum yang protektif. Antibodi terbentuk sudah mengenak virus yang masuk dalam tubuh melalui vaksin kemudian perlahan meningkat. Seorang warga lansia mengangkat jempol saat menjalani penyuntikkan vaksin COVID-19.

Wuiya